Efek Bayangan diatas Air

Posted: 6 Juli 2011 in Uncategorized
Tag:, , , , , ,

Berikut ini adalah efek untuk membuat efek bayangan dari sebuah obyek atau model gambar agar nampak seperti mempunyai bayangan di air.

Efek ini dulu aku baca di buku photoshop, tapi aku lupa judulnya, soalnya udah agak lama, dan bukunya juga cuma minjem.
Pada post kali ini yang aku bahas adalah membuat efek bayangan di air yang bayangan adalah seluruh dari gambar aslinya. Pada post berikutnya akan kubahas kalau bayangan tersebut cuma sebagian dari gambar aslinya.

Langkah Pembuatan Efek Bayangan di Air:

1. Buka foto/gambar yang akan diedit dengan Adobe Photoshop. Misalnya yang kita gunakan sebagai contoh adalah gambar orang ngganteng di bawah ini.

2. Duplikat layer yang akan diberi efek (bagusnya kalau ini layer background-nya, jadi kalau gambar ini bukan layer background, maka jadikan layer background, dengan cara Layer > Flatten Image, atau dengan cara yang lain).

3. Kemudian, buatlah agar gambar yang kita olah ini menjadi dua kali lipat tingginya ke arah bawah. Caranya dengan memilih menu Image > Canvas Size. Kemudian pilih satuannya menjadi percent, isi height dengan nilai 200. Klik posisi Anchor di sebelah atas tengah. Seperti gambar di bawah ini.

4. Munculkan seleksi pada layer hasil duplikat. Dengan cara: Ctrl + Klik pada gambar thumbnail layer di palet layer. Atau klik kanan pada thumbnail layer tersebut kemudian pilih Select Layer Transparency.

5. Pilih menu Filter > Distort > Polar Coordinate. Pastikan pilihan pada kotak dialog Polar Coordinate berada pada pilihan Rectangular to polar. Seperti pada gambar di bawah ini.

6. Pilih menu Filter > Distort > Zig Zag. Atur agar nilainya yang sebelah atas adalah -19 dan yang bawah adalah +12. Bisa dilihat pada gambar di bawah ini:

Nilai-nilai ini tidaklah baku, jadi Anda bisa memilih atau mengatur sesuka Anda. Eksperimen saja pada nilai-nilai ini, nanti hasilnya akan berlainan.

7. Pilih menu Filter > Distort > Polar Coordinate. Sekarang pilih pada pilihan Polar to Rectangular. Seperti gambar dibawah ini.

8. Hilangkan seleksi, dengan cara memilih menu Select > Deselect.

9. Ubah agar posisi gambar menjadi terbalik, dengan cara memilih menu Edit > Transform > Flip Vertical. Setelah terbalik ubahlah letak dan ukuran gambar tersebut
agar berada di sebelah bawah dari gambar aslinya, dan mungkin akan lebih bagus juga jika diberi prespektif dengan cara memilih menu Edit > Transform > Prespective. Tekan Enter jika sudah selesai, untuk menerapkan proses transform-nya.

10. Jika perlu, potong/hilangkan bagian gambar yang dirasa tidak perlu atau hingga di dapat bagian gambar yang lebih bagus dan diinginkan.

Bisa dilihat pada gambar hasil jadinya seperti di bawah ini.

Lumayan juga kan, tinggal ngasih tulisan di sampingnya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s