SMKN 51 Bambuapus Gudang Prestasi Prestisius

Posted: 20 Mei 2013 in Uncategorized
Tag:, , , ,

Siapa menyangka dari pinggiran Jakarta, SMKN 51 Bambuapus, Cipayung, Jakarta Timur, ternyata memiliki segudang prestasi prestisius. Kepercayaan diri yang tinggi tidak menghalangi 898 siswa di 25 kelas yang berada di tengah pemukiman padat penduduk ini, untuk berprestasi di segala bidang hingga namanya pun kini disegani di lingkungan SMK di DKI.

Kepala SMKN 51 Jakarta, Sudiono, mengatakan sejumlah prestasi membanggakan yang diraih, tak lain berkat keuletan para siswa dan guru. Sekolah yang terletak di Jl Bambu Hitam, Bambuapus, ini kini telah membuka kelas program keahlian Broadcasting Pertelevisian. Bahkan, mereka dengan percaya diri turut berpartisipasi dalam Festival Film Kine Klub 2011, dengan mengirimkan tiga judul film independen berdurasi 30 menit. Seluruh karya film tersebut merupakan garapan siswa. Hebatnya, satu di antara tiga judul film tersebut yakni, Berakhir di Alas Kaki menjadi juara I sebagai film terbaik tingkat nasional 2011.

“Keberhasilan ini tidak lepas dari peran serta siswa dan guru. Sebenarnya kunci keberhasilan itu sangat sederhana, yakni guru harus menguasai kompetensi di atas standar. Sehingga secara otomatis materi yang diajarkan kepada siswa-siswi memiliki bobot lebih,” papar Sudiono, Sabtu (23/4).

Tak heran untuk menghasilkan kompetensi di atas standar itulah, tenaga pengajar di SMKN 51 mayoritas bergelar S1. Bahkan ada dua guru yang lulusan S3 dan tujuh guru lulusan S2. Namun, untuk memacu prestasi siswa, selain meningkatkan mutu guru pihak sekolah juga memberikan beasiswa yang sangat menarik. Untuk siswa yang pernah menjadi juara lomba tingkat nasional digratiskan biaya sekolah (SPP) setahun, juara tingkat provinsi diberikan beasiswa pendidikan enam bulan, juara di tingkat kota administrasi Jakarta Timur dibebaskan biaya sekolah tiga bulan, dan juara di tingkat sekolah digratiskan biaya sekolah satu bulan.

Beberapa lomba bergengsi pun pernah dijuarai SMKN 51, di antaranya juara pertama tingkat kota administrasi Jakarta Timur dalam lomba keterampilan siswa (LKS) bidang perkantoran tahun 2010 oleh siswa bernama Angelia Setiani. Kemudian juara kedua tingkat DKI lomba LKS bidang sekretaris tahun 2010 oleh Marisa. Selain itu, masih banyak segudang prestasi yang diukir para siswa-siswi sekolah tersebut. Tak heran jika kita berkunjung ke sekolah yang menempati lahan seluas 5.054 meter persegi dan luas bangunan 5.136 meter persegi ini banyak terdapat berbagai jenis piala dan piagam. Hampir di sudut-sudut ruang guru dan kepala sekolah serta ruang tamu, terpajang piala tertata rapih di dalam lemari kayu dan kaca.

Selain terus mengukir prestasi, sekolah yang memiliki guru dan karyawan 71 orang dan 4 pegawai outsourcing ini juga terus berusaha mengembangkan keahlian lainnya, termasuk menjalin kerja sama dengan perbankan untuk mendirikan pembukaan kantor kas dan ATM Bank Bukopin.

“Kerja sama ini menguntungkan kedua belah pihak, karena saat ini justru banyak perbankan hampir tidak ada yang mau melirik pihak sekolah,” tandasnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s